Artikel

5 CARA SEDERHANA MENGHINDARI PLAGIARISME

APA ITU PLAGIARISME?

 Secara etimologi, plagiarisme berasal dari kata "plagiarius" yang berarti mencuri karya orang lain, yang dimana istilah tersebut pertama kali dibuat oleh seorang penyair romawi pada abad pertama, yakni Marcus Valerius Martialis. Maka dari itu plagiarisme bisa didefinisikan sebagai bentuk penjiplakan atau mencuri gagasan, pendapat, opini, atau hasil karya orang lain, dan mengaku seolah itu buatan sendiri.


1. PARAFRASE

         adalah menuliskan kembali karya atau tulisan milik orang lain dengan gaya dan pola yang berbeda ataupun mengubah konstruksi bahasa (pandanan). Yang mudah dimengerti atau sesuai dengan kaidah-kaidah kebahasan yang berlaku. Hal -hal tersebut dapat dilakukan dengan syarat tidak merubah makna, atau nilai yang dimaksud oleh penulis atau pemilik karya awalnya.


2. SITASI

        adalah mencantumkan sumber atau kutipan dari tulisan atau karya yang kita gunakan sebgai argumen pendukung atau penganalogian yang digunakan dalam tulisan atau karya yang kita buat.


3. DAFTAR PUSTAKA

        Daftar Pustaka adalah daftar yang berisi seluruh referensi atau rujukan yang kita gunakan dalam menulis karya ilmiah atau essay.


4. CEK DI WEBSITE/APLIKASI PLAGIARISME

      Pemeriksaan tingkat plagiarisme melalui website atau aplikasi sangat esensial dalam membuat suatu karya tulis. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah karya yang sedang kita buat merupakan hasil yang betul-betul berdasarkan pemikiran gagasan dan pendapat kita sendiri dan juga untuk menghindari pelanggaran hak cipta atau tulisan yang kita buat.


5. QOUTE

       Pastikan teks yang ditulis sama persis dengan teks asli. Gunakan kaidah penulisan kalimat langsung. menggunakan tanda petik. dan sertakan nomor halaman teks asli.



Jam Layanan

SENIN - JUM'AT

OPEN 08.30 - 19.00 WIB

<p alig

Statistik Pengunjung

Total Keseluruhan : 0044950

Pengunjung Hari Ini : 8

Total Pengunjung : 44950

Hits hari ini : 37

Total Hits: 353941

Total Bulan ini: 2750

Pengunjung Online : 2