Artikel

FAKTA UNIK TENTANG BUKU

1. BUKU DENGAN KALIMAT TERPANJANG DIDUNIA 

     Les Miserables adalah sebuah salah satu mahakaryanya penulis asal Prancis Victor Hugo yang menghantar dirinya menjadi salah seorang pengarang yang karyanya paling luas dibaca orang hingga kini dan kisahnya telah berkali-kali diadaptasi baik dalam bentuk drama, opera, film, dll. 

Les Miserables adalah salah satu mahakarya Victor Hugo (1802-1885). Novel ini ditulis dalam bahasa Perancis saat Victor Hugo dalam pengasingan di pulau Guensey pada tahun 1851 karena beroposisi terhadap Napoleon III. Novel Les Miserables untuk pertama kalinya terbit pada tahun 1862. Butuh waktu selama 17 tahun bagi Hugo untuk menulis dan menerbitkan novel yang dalam bahasa Perancisnya ini setebal 1900 halaman dan 1500 halaman dalam bahasa Inggris sehingga novel ini merupakan salah satu novel tertebal sepanjang masa.

Awalnya novel ini diterbitkan dalam 10 jilid di Belgia dan Perancis secara bersamaan dan langsung meraih sukses. Kabarnya pada tanggal 15 Mei 1862, ketika novel ini untuk pertama kalinya dijual di toko buku Pagnerre’s Book Shop, Belgia kerumunan orang memadati jalanan di sekitar toko buku tersebut. Tak satu orang pun melepaskan pandangan pada tumpukan buku yang menjulang hingga langit-langit toko. Beberapa jam setelah toko buku itu dibuka, ribuan eksemplar Les Misérables ludes diborong massa.

Pada tahun 1892 Les Miserables diterbitkan dalam 9 bahasa secara simultan. Hingga kini novel ini terus diterbitkan dalam berbagai bahasa di dunia.


2. BUKU BERSAMPUL KULIT MANUSIA

     Buku itu berjudul " Des destinees de l'ame" (Nasib Jiwa), yang ditulis oleh penulis Prancis, Arsene Houssaye, dan diberikan kepada temannya, Dr Ludovic Bouland, pada pertengahan 1880-an. Buku itu sudah tersimpan di Perpustakaan Houghtonsejak tahun 1930-an.Sebuah penelitian mengejutkan datang pertengahan tahun lalu. Peneliti di Harvard mengonfirmasi bahwa buku yang dibuat pada abad ke-19 itu bersampul kulit manusia. Setelah melakukan uji coba, para ilmuwan Harvard 99 persen yakin sampul buku itu terbuat dari kulit manusia.Sebagaimana ditulis berbagai media pada Juni 2014, sampul buku itu diyakini dibuat oleh Ludovic Bouland. Para peneliti yakin kulit yang dibuat sampul itu diambil dari punggung seorang pasien perempuan dengan kelainan mental yang meninggal karena serangan stroke.

Bouland menuliskan apa yang telah dilakukannya itu. " Sebuah buku tentang jiwa manusia berhak memiliki penutup manusia," demikian dikutip Dream.co.id dari laman Sky News. Buku ini disebut sebagai meditasi pada jiwa dan kehidupan setelah kematian. Diyakini menjadi satu-satunya terikat dalam kulit manusia di Harvard.Buku dengan sampul kulit manusia memang terdengar sangat janggal saat ini. Namun Perpustakaan Houghton menulis banyak laporan tentang buku-buku dengan sampul kulit manusia pada abad ke-19.Pada masa itu, banyak pelaku kriminal yang dieksekusi sumbangkan untuk ilmu pengetahuan dan kulitnya diberikan kepada penyamak dan penjilid buku


3. BUKU TERTUA DIDUNIA

     Dianggap sebagai buku multi-halaman tertua di dunia, yang berasal dari sekitar 660 tahun sebelum masehi.Etruscan Gold Book ditemukan 70 tahun yang lalu ketika sedang ada penggalian sebuah kanal dari sungai Strouma di Bulgaria.Buku ini terbuat dari 6 lembar emas 24 karat yang diikat dengan cincin.Pelat ditulis dalam karakter huruf Etruscan, dan terdapat gambar kuda, penunggang kuda, Siren (makhluk yang mirip putri duyung), alat musik petik, dan tentara.

Buku itu disumbangkan ke Museum Sejarah Nasional Bulgaria di Sofia, oleh seseorang berusia 87 tahun yang tidak diketahui namanya.Etruria adalah ras kuno orang yang bermigrasi dari Lydia (sekarang menjadi Turki modern) yang bermukim di Italia tengah hampir 3.000 tahun yang lalu.Perkiraan usia: 2.673 tahun. Dua ditulis dalam teks Etruscan, dengan satu ditulis dalam Fenisia. Buku iniberisi tentang dedikasi Raja Thefarie Velianas kepada dewi Fenisia Astarte.Lempengan emas ini  sekarang berada di Museum Etruska Nasional di Roma, Italia.Perkiraan usia: 2.513 tahun

   

4. BUKU TERBESAR DIDUNIA 

     Buku terbesar dan termahal di dunia masih dipegang oleh kitab yang berisi sirah atau sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. Buku berjudul This is Muhammad itu diluncurkan Sheikh Hamdan bin Rashed Al Maktoum di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada tahun 2012 lalu . Guinness Book of Records mencatat This is Muhammad sebagai buku terbesar di alam raya. Sebab, ukuran buku itu memang superbesar. Beratnya lebih dari 1.500 kilogram dengan panjang lima meter dan lebar empat meter.

Buku itu terdiri dari 420 halaman raksasa, di mana tiap lembarnya dibuat dengan campuran kulit dan kertas berkualitas tinggi.

 Sejumlah tokoh pengusaha, konstelasi pejabat UEA, diplomat, investor, tokoh ulama, peneliti dan para tokoh media hadir dalam peluncuran buku tersebut.


Dalam laporan Kuwait News Agency, buku yang dicetak di Jerman tersebut senilai 1,323 juta dolar AS atau setara Rp11,907 miliar. Setelah diluncurkan di Dubai EWorld Centre, buku ini akan keliling dunia untuk dipamerkan.
Beberapa negara yang mendapat kehormatan itu di antaranya yaitu Kuwait, Qatar, Mesir, serta negara di Eropa dan Amerika Serikat. Setelah keliling dunia, buku tersebut dipamerkan secara permanen di Abu Dhabi.


Sementara orang-orang yang datang pada peluncuran buku terbesar di dunia ini mendapat kesempatan untuk melakukan Kampanye Satu Juta Tanda Tangan diperbolehkan berfoto bersama, serta membeli versi mini dari buku tersebut.
Buku yang ditulis Abdullah Abdulaziz Al Muslih dan dibantu sejumlah penulis Arab Saudi serta para cendekiawan itu menceritakan tentang kehidupan Rasulullah SAW.

Gaya bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah dimengerti pembaca.
Abdullah sendiri membutuhkan waktu 16 bulan untuk menulis dan mencetak buku yang menceritakan kisah hidup Nabi Muhammad SAW ini lebih dari satu juta kopi dalam berbagai bahasa, seperti Inggris, China, Prancis, termasuk huruf Braile. Buku ini sendiri diharapkan dapat memberikan wacana yang baik. Lebih daripada itu, juga biar membuat sosok dan keteladanan Nabi Muhammad SAW semakin dikenal oleh banyak orang.

                                                            


Jam Layanan

SENIN - JUM'AT

OPEN 08.30 - 19.00 WIB

Statistik Pengunjung

Total Keseluruhan : 0024103

Pengunjung Hari Ini : 26

Total Pengunjung : 24103

Hits hari ini : 216

Total Hits: 235857

Total Bulan ini: 2634

Pengunjung Online : 2