Artikel

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI 2023

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan. Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Ki Hajar Dewantara menuangkan perhatiannya ke bidang pendidikan di Indonesia. Ia pun membangun sebuah lembaga pendidikan yang dinamai Taman Siswa pada 3 Juli 1922. Taman Siswa merupakan sekolah yang terlahir dari gagasan Ki Hajar Dewantara bersama teman-temannya di Yogyakarta. Sekolah ini didirikan sebagai bentuk perjuangan terhadap penjajahan melalui jalur pendidikan dan kebudayaan. Tujuan dari sekolah ini yaitu untuk kemerdekaan Indonesia yang terwujud pada tahun 1945.

Setelah kemerdekaan, Ki Hajar diangkat sebagai menteri pendidikan Indonesia. Dan dikenal dengan filosofi tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan) sebagai semboyan pendidikan Indonesia. Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan nasional, pemerintah Indonesia menetapkan hari lahir Ki Hajar Dewantara sebagai peringatan hari Pendidikan Nasional. Hari Nasional tersebut diputuskan berdasarkan Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Setiap tanggal 2 Mei biasa diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Sebuah momen diadakannya pelaksanaan upacara bendera di sekolah yang disertai penyampaian pidato bertemakan pendidikan.Walau tidak selalu diadakan upacara bendera, tetapi peringatan ini menjadi peringatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya untuk mengenang jasa pahlawan pendidikan di Indonesia.Salah satunya adalah Ki Hajar Dewantara yang menjadi pahlawan dan dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ia sangat berjasa dalam dunia pendidikan, terutama dalam menentang kebijakan pemerintah Hindia Belanda yang hanya memperbolehkan orang kaya dan anak-anak Belanda yang bisa menempuh bangku pendidikan.Setiap tanggal 2 Mei biasa diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Sebuah momen diadakannya pelaksanaan upacara bendera di sekolah yang disertai penyampaian pidato bertemakan pendidikan.Walau tidak selalu diadakan upacara bendera, tetapi peringatan ini menjadi peringatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya untuk mengenang jasa pahlawan pendidikan di Indonesia.Salah satunya adalah Ki Hajar Dewantara yang menjadi pahlawan dan dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ia sangat berjasa dalam dunia pendidikan, terutama dalam menentang kebijakan pemerintah Hindia Belanda yang hanya memperbolehkan orang kaya dan anak-anak Belanda yang bisa menempuh bangku pendidikan.



Jam Layanan

SENIN - JUM'AT

OPEN 08.30 - 19.00 WIB

<p alig

Statistik Pengunjung

Total Keseluruhan : 0044950

Pengunjung Hari Ini : 8

Total Pengunjung : 44950

Hits hari ini : 49

Total Hits: 353953

Total Bulan ini: 2750

Pengunjung Online : 2