Artikel

DIGLIB KSB

                                                                            DIGLIB KSB

PERPUSTAKAAN DIGITAL INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA KWIK KIAN GIE

DIGLIB KSB adalah aplikasi perpustakaan digital yang dimiliki oleh Perpustakaan Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, Perpustakaan Digital menjadi fasilitas pendidikan yang sangat memudahkan para mahasiswa dalam mengakses informasi dan berbagai macam buku. Hadirnya perpustakaan digital menjadi salah satu fasilitas pendidikan yang efektif dan efisien, karena untuk mendapatkan buku yang ingin dibaca hanya dengan internet dan smartphone.

Seperti yang telah disebutkan pada definisi e-book sebelumnya, tujuan dari pembuatan buku elektronik adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada para penggunanya. Beberapa tujuan dari ebook adalah:

Mempermudah pembuatannya
e-Book merupakan solusi bagi mereka yang ingin menerbitkan buku tetapi kesulitan membuatnya. Seperti kita ketahui bersama, proses pembuatan buku cetak cukup panjang dan sulit. Ini tidak terjadi jika kita membuat buku elektronik. Namun, tentunya format buku digital harus semenarik mungkin, sehingga memungkinkan untuk didistribusikan atau dijual.

  • Menghemat biaya pencetakan
    Pembuatan buku cetak cukup mahal karena masih menggunakan peralatan konvensional. Berbeda dengan kasus pembuatan e-book, biayanya sangat sedikit dan bahkan bisa gratis.
  • Mempermudah proses penyebaran informasi
    Pendistribusian buku elektronik sangat mudah dilakukan, yaitu melalui media internet dan juga dari perangkat elektronik lainnya, seperti flashdisk dan harddisk.
  • Mempermudah proses belajar mengajar
    Dengan ebook, proses belajar mengajar akan lebih mudah. Guru dapat membuat materi perkuliahan dalam bentuk e-book kemudian mengirimkannya kepada mahasiswanya. Dari sudut pandang mahasiswa tentunya akan sangat mudah karena mereka dapat mempelajari materi berupa e-book dimanapun dan kapanpun.
  • Melindungi penyebaran informasi
    Saat kita membuat buku digital, kita dapat memberikan perlindungan terhadap isi ebook tersebut. Caranya adalah dengan memberikan password khusus, sehingga hanya sedikit orang yang bisa membukanya. Selain itu, buku elektronik tidak mudah rusak seperti buku cetak. Ini adalah keuntungan bagi pengguna e-book.

Fungsi e-book secara umum adalah sebagai alat pembacaan informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna buku digital adalah mereka yang memiliki literasi teknologi dan cenderung membeli e-book sebagai sarana pembelajaran. Berikut ini adalah fungsi buku elektronik bagi pengguna dan juga untuk provider:

  • Sebagai Media Belajar
    Saat ini banyak sekali orang yang membuat e-book yang berisi tentang ilmu, informasi dan tutorial di bidang tertentu. Topik bacaan dan informasi yang sering dijadikan e-book adalah tentang bisnis online, informasi kesehatan, tutorial blogging, panduan pemrograman, tutorial komputer dan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, namun saat ini tidak hanya seputar teknologi saja.
  • Sebagai Sarana Informasi
    Saat ini, banyak pebisnis menawarkan buku digital gratis kepada pelanggan potensial mereka. Dengan memasukkan email, calon pelanggan dapat mengunduh ebook yang berisi informasi atau tutorial yang mereka butuhkan. Proses pembuatan dan pendistribusian buku elektronik ini sangat mudah karena bersifat digital.


Jam Layanan

SENIN - JUM'AT

OPEN 08.30 - 19.00 WIB

<p alig

Statistik Pengunjung

Total Keseluruhan : 0044951

Pengunjung Hari Ini : 9

Total Pengunjung : 44951

Hits hari ini : 121

Total Hits: 354025

Total Bulan ini: 2751

Pengunjung Online : 3